Selasa, 17 November 2015

Cara Kerja Search Engine Google

Setelah anda memiliki sebuah website yang dapat anda pergunakan untuk mempromosikan produk atau pun jasa anda, maka kini saatnya anda mempelajari bagaimana caranya mempromosikan website tersebut agar dapat dikunjungi oleh orang banyak. Sebelum itu ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja dari search engine serta apa itu search engine optimization,
Menurut google, cara kerja search engine google adalah sama dengan apabila kita mencari suatu kata tertentu diindeks satu buku besar. Hanya saja google mencari data atau informasi tersebut dengan menggunakan algoritma tertentu sehingga bisa memberikan hasil yang relevan dengan apa yang dicari pengunjung dalam waktu yang sangat cepat. Sebenarnya cara kerja google ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: menjelajahi situs-situs atau web-web yang ada (Crawling), meng-index, dan terakhir memberikan hasil yang diperoleh kepada pengunjung.
Crawling adalah satu proses dimana robot dari search engine google menjelajahi situs-situs atau web-web yang ada, baik untuk menemukan halaman baru atau halaman yang telah diperbarui oleh pemilik nya untuk ditambahkan pada index google. Robot google yang dipergunakan untuk menelusuri halaman-halaman web biasanya dikenal dengan nama google bot atau google spider.
Google bot ini mempunyai algoritma tertentu yang dipergunakan untuk menentukan web-web mana yang harus di-crawl/dijelajahi, seberapa sering suatu halaman web harus dikunjungi kembali dan berapa halaman yang harus dikunjungi dari suatu website.
Proses crawling dimulai dari daftar halaman-halaman web yang diperoleh dari hasil crawling yang pernah dilakukan sebelumnya dan ditambah dengan data sitemap yang disediakan oleh pemilik website. Pada waktu penelusuran, Google bot akan memeriksa file robot.text (jika ada) yang membuat link mana saja dari suatu website yang boleh ditelusuri dan yang tidak boleh ditelusuri. Selain itu penelusuran juga tergantung dari banyak faktor diantaranya: peringkat suatu website (PR/Page Rank), link-link yang menuju halaman tersebut, serta variabel-variabel lainnya seperti jumlah paramater pada suatu URL.
Setelah menelusuri suatu website (crawling), googlebot akan mengindex halaman-halaman web tersebut dan memproses informasi yang ada di sana seperti title tags (judul halaman), Meta Tags (keyword dan deskripsi), alt (kode html untuk gambar) dsb
- See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-kotak-komentar-keren-di_8.html#sthash.QarFWDy0.dpuf